Rabu, 07 September 2011

Gawat! Jamur Penginfeksi Ternyata Kebal Obat


Jamur yang sering disebut sebagai penyebab utama infeksi di rumah sakit ternyata resisten, alias kebal terhadap obat. Benarkah?
Para ilmuwan yang meneliti sebuah jamur mengklaim bahwa 'si penginfeksi' manusia di rumah sakit itu ternyata resisten terhadap obat.

Jamur yang dikenal sebagai Candida albicans tersebar luas antara manusia dan relatif tidak berbahaya bagi orang sehat, tetapi dapat berakibat fatal bagi pasien rumah sakit dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

Lantas, seperti apa keganasan jamur menyerang manusia?

Jamur jenis C. albicans, bertanggung jawab atas seperempat dari semua infeksi darah yang berkembang di rumah sakit.

Ketika pertahanan tubuh pasien rendah, jamur dapat bergerak dari usus ke aliran darah, berkoloni pada permukaan plastik seperti alat pacu jantung, sendi buatan dan kateter, dan menyerang organ-organ.

Seperti C. difficile dan MRSA memiliki kemampuan berkembang dan mengembangkan resistensi terhadap perawatan terbaru, meskipun tidak sering ditularkan antara pasien.

Metode terbaru yang digunakan dokter untuk menyerang jamur adalah berbagai obat yang dikenal sebagai echinocandins, yang menyerang enzim yang menghasilkan gula yang memungkinkan untuk tumbuh.

Dr Carol Munro, peneliti Konferensi Auntum General Microbiology dari Universitas Aberdeen menjelaskan bahwa jika tidak dibunuh langsung oleh obat, jamur dapat membuat mereka tidak efektif dengan mengubah struktur sel untuk menghasilkan tingkat lebih tinggi dari gula yang berbeda , memungkinkan infeksi menyebar.

Sementara itu, seperti dilansir dari Telegraph, angka Badan Perlindungan Kesehatan menunjukkan bahwa pada 2009 ada lebih dari 1.500 kasus candidaemia, yang jamur memasuki darah di Inggris.

Pada tahun yang sama ada sekitar 3.000 kasus MRSA, namun tingkat infeksi sejak turun drastis, mencapai kurang dari 100 bulan awal musim panas ini.

Sebanyak 60% orang sehat memiliki albicans C dalam tubuh mereka dan banyak pengalaman tidak ada gejala sama sekali, sementara yang lain mungkin mengembangkan infeksi jamur.

Namun pada orang yang sistem kekebalan tubuh telah dilemahkan oleh pengobatan untuk penyakit seperti kanker dan HIV, atau dengan transplantasi organ, jamur dapat memasuki aliran darah.

Meskipun lebih tua, pengobatan alternatif dapat efektif terhadap jamur, ini sering diterapkan terlambat dan tingkat kematian untuk orang dengan infeksi berat bisa sampai 50%, kata para ahli.

"Hal itu penting untuk mengembangkan rentang baru obat untuk mencegah angka-angka ini meningkat," jelas Dr. Munro.

Dr. Munro menambahkan C. albicans tidak menginfeksi banyak orang sebagai MRSA, tetapi dokter takut orang mendapatkan infeksi yang membombardir mereka dengan obat dari awal yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

"Ada cukup tingkat rendah resistensi dari jamur namun tingkat kelangsungan hidup secara keseluruhan cenderung sangat miskin jika itu tidak sampai ke tingkat itu," tambahnya.

"Sering kali pada waktu dokter mendiagnosa infeksi jamur dan pengobatan dimulai terlambat."

Awal pekan ini, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Public Library of Sciences melaporkan bahwa para peneliti mungkin telah mengidentifikasi kelemahan yang tersembunyi di C. albicans yang dapat menyajikan sebuah target baru untuk pengobatan.

Dengan menonaktifkan protein yang memungkinkan ragi menempel pada sel manusia dan colonises mereka, ahli biologi di Imperial College London mengatakan bisa mungkin untuk menghentikan jamur dari menyebar.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►