Selasa, 06 September 2011

Gaya Rambut Selebritas ala Mumi Mesir

Banyak orang mengandalkan gel rambut atau wig untuk mempercantik penampilan. Tak hanya selebritas dan pemuja penampilan masa kini, bangsa Mesir Kuno ternyata juga sudah mengaplikasikan dandanan rambut dengan gel dan wig di masanya.

Itu terungkap melalui penelitian yang dipimpin Dr Natalie McCreesh dari Universitas Manchester. Lewat analisis sampel rambut belasan mumi dari beragam tingkat usia, penelitian mengerucut pada kesimpulan bahwa bangsa Mesir Kuno menggunakan gel rambut dalam kehidupan sehari-hari dan persiapan kematian mereka.

Menggunakan formula berlemak menyerupai gel rambut masa kini, bangsa Mesir Kuno menata rambut mereka bak selebritas masa kini. Salah satu yang menjadi tren di masa itu adalah memanfaatkan gel untuk membuat rambut tampak curly atau ikal.

Meski belum menemukan komposisi gel secara spesifik, peneliti meyakini adanya kandungan minyak palem dan asam dalam gel racikan bangsa Mesir Kuno. Ragam tatanan rambut yang terlihat memperkuat kesimpulan bahwa bangsa Mesir Kuno memiliki kebiasaan mengatur rambut seperti masyarakat modern saat ini.

Peneliti juga mengungkap adanya perawatan khusus untuk mengawetkan gaya rambut mayat ketika proses mumifikasi berlangsung. Bangsa Mesir kuno percaya bahwa pengawetan gaya rambut itu akan melestarikan tren masa lalu yang dapat memengaruhi penampilan seseorang di masa mendatang.

Selain gel rambut, peneliti juga menemukan sejumlah mumi dari kasta terhormat gemar mengenakan wig. “Kami melihat bahwa rambut sangat penting bagi bangsa Mesir kuno, sebelum menemukan gel tersebut. Penelitian lain sudah mempelajari tentang penggunaan wig,” kata McCreesh, seperti dikutip dari Shine Yahoo.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►