Selasa, 21 Mei 2013

3 Hewan Paling Lambat di Dunia

Hewan terlambat yang paling dikenal oleh sebagaian masyarakat adalah siput. Memang benar, siput adalah hewan terlambat di dunia sampai saat ini. Tahukah Anda hewan terlambat lainnya selain siput? Berikut ini 3 hewan terlambat di dunia versi Puncak Dunia.

1.    Siput  (0.03mph)

Siput adalah hewan yang paling lambat di dunia sejak jaman prasejarah. Siput hanya memiliki kecepatan maksimum 0,03 mph. Siput sangat mudah untuk ditangkap. Tubuh siput mengandung lendir yang rentan terhadap cuaca panas dan kering, sehingga siput hidup terbatas pada lingkungan lembab dan harus berlindung  ke tempat persembunyian ketika cuaca kering.

Siput tergolong ke dalam hewan lunak (mollusca) dari kelas Gastropoda yang berarti berjalan dengan perut. Siput/ bekicot merupakan hewan yang berasal dari Afrika Timur. Oleh karena itu mudah berkembang biak, siput menyebar ke seluruh kawasan dunia. Siput selain sebagai pakan ternak, juga merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung asam-asam amino esensial yang lengkap. Banyak masyarakat yang menggemari makanan siput/ bekicot (sate bekicot, keripik bekicot). Selain itu, siput/ bekicot juga dipakai dalam pengobatan tradisional, karena ekstrak daging bekicot dan lendirnya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti abortus, radang selaput mata, sakit ketika menstruasi, sakit gigi, gata-gatal, dan lain-lain.


2.      Kura-kura Raksasa Galapagos (0,13mph)

Kura-kura Galápagos atau kura-kura raksasa Galápagos (Chelonoidis nigra) adalah spesies kura-kura  terbesar dari jenis kura-kura lainnya. Kura-kura Galápagos dapat mencapai bobot lebih dari 400 kg (880 lb) dan panjang lebih dari 1,8 meter (5,9 kaki). Kura-kura raksasa merupakan ciri khas dari pulau tropis tertentu. Mereka adalah salah satu hewan di dunia dengan umur hidup terpanjang, dengan usia rata-rata 100 tahun atau lebih. Kura-kura memiliki kecepatan bervariasi menurut  spesies.

Kura-kura  raksasa dalam kecepatan dunia paling lambat telah dihitung memiliki 0,13-0,30 mph yaitu kura-kura Galápagos. Namun, ketika mereka berenang, kecepatannya bisa mencapai 22 mph. Kura-kura hidup di berbagai tempat, mulai daerah gurun, padang rumput, hutan, rawa, sungai dan laut.  Kura-kura tidak memiliki gigi. Akan tetapi perkerasan tulang di moncong kura-kura sanggup memotong apa saja yang menjadi makanannya.


3.     Sloth / Three Toed Sloth / Bradypus variegatus (0.15mph)

Sloth berjari tiga (three-toed sloth) adalah salah satu hewan paling lambat di dunia. Three Toed Sloth adalah dari keluarga Bradypodidae. Sloth sering digambarkan sebagai hewan yang langsing dan lamban. Bentuknya hampir menyerupai monyet yang suka bergelantungan di pohon dan terkadang jatuh ke dalam air, tetapi untungnya mereka bisa berenang dengan baik,

Three Toed Sloth berukuran kurang lebih seperti anjing kecil dengan kepala dan tubuh memiliki gabungan tinggi sekitar 60 cm, dan berat badan antara 3,5 sampai 4,5 kg. Three Toed Sloth memiliki tiga jari dengan kuku yang panjang. Binatang ini terkenal sangat lambat untuk bergerak dan sering disebut dengan hewan malas. Three Toed Sloth berjalan pada kecepatan puncak 0,15 mph. Hewan ini bergerak dengan perutnya menyapu tanah. Hewan ini hidup dengan sebagian besar waktunya di pohon dan menghabiskan waktu untuk tidur 15-18 jam sehari.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►