Sabtu, 09 Juni 2012

Ada Vitamin dalam Bir untuk Metabolisme Tubuh

Susu sudah tak dipungkiri memiliki banyak kandungan yang berguna bagi tubuh. Namun bagaimana kalau vitamin juga ditemukan dalam minuman bir yang juga disebut dapat membuat badan lebih kuat. 
 
Temuan para peneliti bahkan menyebutkan kandungan vitamin dalam dua jenis minuman itu bisa membuat tubuh lebih ramping dan meningkatkan kinerja otot serrta mencegah diabetes.

Seperti dikutip dari dailymail, para ilmuwan mengklaim vitamin tersembunyi, atau yang mereka sebut sebagai 'molekul ajaib' itu bisa melawan obesitas dan meningkatkan kekuatan otot. Kandungan itu bahkan katanya tidak memiliki efek samping dan bisa memperpanjang usia.

Johnan Auwerx, kepala Ecole Polytechnique Federale di Lausanne, Swiss, mengatakan temuan itu berdasarkan percobaan yang mereka lakukan kepada tikus percobaan dan menemukan adanya potensi molekul ajaib yang disebut nikotinamida riboside (NR).

Dari hasil percobaan, tim menemukan, tikus yang diberi NR mengalami penambahan berat badan yang sangat sedikit dibanding tikus yang diberi makanan sejenis namun tanpa NR.

Selain itu tikus dengan NR ditemukan tidak mengalami diabetes seperti pada tikus tanpa NR. Mereka pun ternyata memiliki kinerja dan daya tahan tubuh yang lebih baik dibanding tikus yang tidak diberikan.
'Itu benar-benar tampak bahwa sel menggunakan apa yang mereka dan sisanya disisihkan tanpa berubah menjadi apapun yang bisa merusak tubuh," kata penulis studi Carles Canto dalam sebuah pernyataan.
Para peneliti percaya, kerja molekul itu dapat meningkatkan fungsi mitokondria, bagian dari sel yang memasok energi dan dianggap berperan dalam proses penuaan.Sehingga diharapkan, selain untuk kesehatan lainnya, tapi juga bisa memperlambat penuaan. 

Penelitian ini juga menemukan bahwa molekul ini sangat kecil ukurannya dan sulit untuk mereproduksi diri mereka sendiri, sementara membutuhkan biaya yang amat mahal untuk membuat sintesis atau tiruannya.
'Saat ini, kita bahkan tidak bisa mengukur konsentrasinya dalam susu, jadi tidak mungkin untuk mengetahui berapa banyak Anda harus minum untuk dapat mengamati efeknya, " tambah Mr Auwerx.

Setelah duji coba kepada hewan percobaan, ada rencana molekul ini juga akan diujicobakan kepada manusia. Sumber

1 komentar:

Republik BB mengatakan...

Jadi Minum bir sama dengan minum vitamin, Asik.

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►