Rabu, 14 September 2011

Tertangkap Kamera, Bintang 'Menggoreng' Planet


Cambridge – Ilmuwan Amerika Serikat (AS) mendeteksi bintang terdekat yang membombardir planet di dekatnya dengan sinar-x. Sinar ini ratusan ribu kali lebih kuat dari matahari Bumi.

Astronom AS dengan Chandra X-ray Observatory dan peneliti internasional dengan Very Large Telescope European Southern Obervatory (ESO) bekerjasama mengumpulkan data perihal ini. Hasilnya, radiasi berenergi tinggi ‘menggoreng’ 5 juta ton materi planet tiap detiknya.

“Planet ini jelas sedang digoreng bintangnya,” ujar astronom ESO Sebastian Schroeter dari University of Hamburg di Jerman.

Pengamatan menunjukkan seperti dikutip UPI, bintang ini berada cukup dekat Bima Sakti dengan jarak 880 tahun cahaya.

Selain itu, diketahui, bintang dewasa ini ternyata memiliki emisi sinar-x serupa bintang muda. “Karena planet dekat bintang, rotasi bintang pun makin cepat dan hal ini membuat medan magnet terus aktif,” ujar peneliti Stefan Czesla dari Hamburg.

Jika bukan karena planet ini, bintang tersebut akan tertinggal dalam votalitas mudanya jutaan tahun silam, lanjutnya. Planet ini memiliki massa tiga kali lebih besar dari Yupiter atau seribu kali Bumi.

Planet ini mengorbit bintangnya dengan jarak yang dekat atau sama dengan 10 kali jarak Bumi dan bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►